Peralatan Masak yang Aman dan Sehat: Yang Perlu Anda Ketahui Saat Memilih Panci & Wajan


Beberapa informasi terkait merek alat masak yang aman.

.

Anda baru saja kembali dari toko atau pasar petani dengan setumpuk produk organik yang segar dan lezat. Anda menantikan makanan yang panas, menenangkan, nikmat, dan meningkatkan kesehatan. Setelah semuanya dipotong dan disiapkan, Anda akan mulai memasak. Tapi tunggu! Apakah Anda menggunakan peralatan masak yang sehat? Atau apakah wajan atau panci tumis itu akan melepaskan bahan kimia beracun ke dalam makanan yang akan Anda makan, dan ke udara yang Anda hirup?

Saat ini, Anda dapat memilih dari banyak sekali pilihan peralatan masak: baja tahan karat, besi tuang, keramik, tembaga, aluminium, tanah liat, serta banyak permukaan yang dipasarkan sebagai antilengket. Beberapa di antaranya baik-baik saja, sementara yang lain bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda, dan buruk bagi planet ini.

Apa yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Peralatan Masak yang Tidak Beracun dan Sehat

Untuk mengetahui Merk Alat Masak Yang Aman Dan Sehat mana yang terbaik untuk Anda, Anda harus mempertimbangkan bahan kimia yang digunakan dalam peralatan masak tersebut. Anda juga ingin menentukan seberapa tahan lama peralatan masak tersebut, kebutuhan memasak pribadi Anda, dan, tentu saja, harganya. Pada akhirnya, Anda harus mempertimbangkan pro dan kontra dari setiap jenis peralatan masak dan menentukan mana yang paling sesuai dengan gaya hidup Anda. Mari kita lihat masing-masing pertimbangan ini sedikit lebih dalam.

Bahan kimia

Bahan kimia yang digunakan dalam peralatan masak itu sendiri tidak hanya tinggal di panci dan wajan. Mereka benar-benar dapat larut ke dalam makanan yang Anda masak dan terlepas ke udara saat peralatan masak dipanaskan. Mana yang paling banyak larut, dan bahan kimia yang paling berbahaya? Itu tergantung pada apa komponen utama dari peralatan masak itu, tetapi banyak merek peralatan masak antilengket adalah salah satu pelanggar terburuk.

Daya tahan

Berapa lama peralatan masak benar-benar bertahan? Tidak ada yang suka membuang panci yang sangat baik "pergi" (yaitu, ke tempat pembuangan sampah) setelah hanya satu atau dua tahun digunakan. Kita semua ingin melakukan pembelian cerdas yang akan bertahan lama. Umur sering tergantung pada perawatan yang diperlukan untuk menjaga peralatan masak Anda dalam kondisi prima. Itu juga bisa bergantung pada seberapa mudah tergores atau rusaknya bahan tersebut. Biasanya, besi cor dan peralatan masak stainless steel berkualitas baik dapat bertahan selama beberapa dekade, sementara sebagian besar panci dan wajan antilengket aus setiap beberapa tahun.

Kebutuhan Memasak Anda

Apakah Anda lebih banyak menumis, merebus, mengukus, atau memanggang? Apakah peralatan masak anti lengket diperlukan untuk makanan yang Anda siapkan? Apakah Anda hanya memasak sesekali, dan hanya perlu berinvestasi dalam beberapa potong berkualitas lebih tinggi daripada satu set lengkap? Selain itu, membeli panci dan wajan serbaguna akan meminimalkan limbah dan menghemat ruang di dapur Anda.

Harga

Peralatan masak cenderung menjadi salah satu hal dalam hidup di mana Anda mendapatkan apa yang Anda bayar. Dalam jangka panjang, Anda lebih baik menggunakan panci tahan lama yang tahan terhadap panas, dingin, benturan, dan penggunaan berat tanpa menurunkan kualitas. Tetapi jika Anda tidak mampu membeli merek terkemuka, jangan stres. Ada banyak pilihan jalan tengah dengan harga terjangkau yang relatif aman dan bertahan lama.

Ada ribuan pilihan peralatan masak yang sehat dan tidak terlalu sehat di luar sana. Berikut adalah pro dan kontra dari beberapa yang paling populer, dimulai dengan yang mungkin ingin Anda hindari, mana yang cukup aman, dan mana yang tampaknya paling aman.

Peralatan Masak Paling Tidak Aman

Peralatan Masak Berlapis Teflon Anti Lengket

Meskipun ini dapat menyelamatkan Anda dari kesulitan harus meminyaki wajan Anda sebelum memasak dan mudah digunakan dan dibersihkan, antilengket tidak berarti tidak beracun. Saat sebagian besar peralatan masak anti lengket dipanaskan, ia mengeluarkan asap beracun ke udara. Toksisitas adalah masalah yang sedemikian rupa sehingga label pabrikan pada panci antilengket sering memperingatkan konsumen untuk tidak menggunakan panas tinggi dengan produk ini. Namun, tes yang didanai oleh Environmental Working Group (EWG) menunjukkan bahwa hanya dalam beberapa menit di atas kompor biasa, peralatan masak antilengket dapat melebihi suhu di mana lapisan pecah dan mengeluarkan racun.

Salah satu pelapis anti lengket yang paling umum adalah Teflon, yang menimbulkan banyak kekhawatiran. Dokter hewan burung telah mengetahui selama beberapa dekade bahwa banyak bentuk peralatan masak antilengket dapat menghasilkan asap yang berbahaya bagi burung peliharaan. Pada awal 1986, seorang dokter hewan Chicago menyebut "Teflon toxicosis" sebagai "penyebab utama kematian di antara burung." Ratusan burung peliharaan, dan masih, dibunuh oleh asap dari peralatan masak Teflon anti lengket.

Pernahkah Anda mendengar tentang "kenari di tambang batu bara?" Burung bisa lebih sensitif terhadap gas berbahaya daripada manusia. Tetapi jika ada sesuatu yang mematikan bagi burung, maka penambang batu bara tidak perlu menebak bahwa itu mungkin juga tidak baik untuk Anda.

Jika Anda harus memasak dengan teflon atau wajan anti lengket lainnya, pastikan menggunakan api kecil atau sedang dan aduk dengan sendok kayu untuk meminimalkan paparan bahan kimia.

Peralatan Masak Aluminium

Peralatan masak aluminium juga dapat menimbulkan masalah. Studi menunjukkan logam dapat larut ke dalam makanan, terutama saat Anda memasak produk tomat atau makanan asam lainnya. Jika terlalu banyak aluminium masuk ke tubuh Anda, itu dapat mengendap di organ internal Anda, termasuk otak, hati, jantung, dan tulang, dan akhirnya menyebabkan penyakit. Paparan aluminium telah dipelajari untuk kaitannya dengan penyakit Alzheimer selama bertahun-tahun.

Bagaimana dengan aluminium anodized? Dalam hal ini, ada lapisan pelindung di atas aluminium untuk meningkatkan daya tahan, tetapi mungkin masih rusak seiring waktu.

Peralatan Masak Tembaga

Tembaga terlihat bagus, tetapi bisa menjadi racun. Jika tidak dilapisi dengan baja tahan karat - atau jika memiliki lapisan tipis dan lapisannya tergores - tembaga juga dapat larut ke dalam makanan Anda dan masuk ke tubuh Anda. Lapisan juga bisa mulai luntur setelah digosok dan dibersihkan. Meskipun sejumlah kecil tembaga diperlukan untuk kesehatan, terlalu banyak tembaga dapat berbahaya dan dapat menyebabkan penyakit neurodegeneratif.

 

Peralatan masak tembaga juga cenderung mahal dan perawatannya tinggi. Karena merupakan logam lunak, tembaga menghantarkan panas dengan baik, tetapi harus dipoles untuk mempertahankan penampilannya yang mengkilap. Namun, alas tembaga pada panci stainless steel memberi Anda yang terbaik dari keduanya — memberi Anda bahan yang aman terhadap makanan, dan manfaat konduktif dari tembaga.

Peralatan Masak Cukup Aman

Peralatan Masak Besi Cor

Besi tuang bertahan lama, dan menyebarkan serta mempertahankan panas dengan sangat baik, sehingga makanan Anda memanas secara menyeluruh dan merata. Tapi perawatannya berat dan cukup tinggi. Panci juga membutuhkan bumbu dengan lapisan minyak agar tidak berkarat dan lengket. Akibatnya, mereka memiliki instruksi pembersihan khusus (tidak boleh masuk ke mesin pencuci piring atau dicuci dengan deterjen). Dan Anda harus benar-benar mengeringkannya setelah digunakan.

Karena beberapa zat besi masuk ke makanan Anda, penting untuk berhati-hati tentang seberapa banyak Anda menggunakannya. Terlalu banyak zat besi bisa menjadi racun. Jika Anda kekurangan zat besi, peralatan masak besi cor bisa menjadi cara sederhana, meskipun sangat tidak tepat, untuk menambahkan zat besi ke dalam makanan Anda. (Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan zat besi, berapa banyak yang Anda butuhkan, dan berapa banyak, klik di sini.)

Salah satu merek peralatan masak besi cor yang kami rekomendasikan adalah Lodge, yang telah ada sejak lama dengan reputasi kualitas yang sangat baik. Untuk tautan ke wajan paling populer mereka, klik di sini.

Peralatan Masak Kaca

Kaca tidak reaktif, artinya tidak melepaskan bahan kimia ke dalam makanan. Ini juga biasanya tidak mahal dan aman untuk ditempatkan di microwave dan mesin pencuci piring. Anda dapat menggunakan sebagian besar peralatan masak kaca di atas kompor listrik, tetapi bukan kompor gas.

Di sisi kontra, Anda tidak boleh meletakkan peralatan masak kaca panas di permukaan yang dingin karena dapat retak atau bahkan pecah. Selain itu, kaca lebih berat dan lebih rapuh daripada banyak jenis peralatan masak lainnya, tidak berfungsi pada kompor induksi, dan tidak anti lengket.

Beberapa pilihan peralatan masak kaca favorit kami termasuk Pyrex Baking Pan di sini dan Visions 5L Round Dutch Oven di sini.

Peralatan Masak Baja Karbon

Peralatan masak baja karbon memiliki susunan yang sangat mirip dengan besi tuang, tetapi bobotnya lebih ringan daripada besi tuang, sehingga lebih mudah digunakan dan disimpan. Itu juga dapat menahan suhu yang sangat tinggi.

Namun, baja karbon memang membutuhkan bumbu seperti besi tuang, dan akan terdegradasi dengan adanya makanan asam seperti tomat. Baja karbon juga mengembangkan apa yang disebut patina, lapisan kecoklatan yang disebabkan oleh oksidasi dari waktu ke waktu, yang menurut beberapa orang membuat rasa makanan sedikit lucu. Selain itu, dapat melarutkan zat besi ke dalam makanan, yang dalam banyak kasus bukanlah sesuatu yang Anda inginkan.

Seperti besi cor, peralatan masak baja karbon tidak bisa masuk ke mesin pencuci piring. Dan itu juga membutuhkan waktu untuk memanas dan tidak mempertahankan panasnya, sehingga relatif tidak efisien.

26 Views